Sabtu, 16 November 2019

PT Henkel Indonesien Tunjuk Lucky Lee Sebagai CEO

Pemkot Surabaya Lelang Project Trem, Menhub Berikan Lampu Hijau

, Jakarta - Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi mempersilakan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melelang project trem.

Gw telah bahas permasalahan tender ini dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, sebut Budi Karya di celah kunjungan kerjanya di Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 8 Maret 2018.

Dia menjelaskan telah berjumpa dengan Wali Kota Tri Rismaharini, yang mengatakan akan melakukan sendiri lelang project trem.

Gw katakan pada Bu Risma, tidak ada permasalahan. Gw persilakan Pemkot Surabaya melelang sendiri tender project trem serta Kementerian Perhubungan seutuhnya memberikan suport, katanya.

Simak juga: Tidak berhasil Dibiayai APBN, Menteri Budi Jamin Bantuan Trem Surabaya

Menurutnya, detailed engineering desain (DED) project trem di Surabaya telah jadi. Trem itu nanti terdiri atas 20-30 serangkaian kereta yang akan bekerja dengan rute Jalan Joyoboyo-Jalan Rajawali, Surabaya, selama 17 km. dengan keberangkatan (headway) tiap enam menit.

Rutenya memakai rel lama yang akan digabungkan dengan pembangunan rel baru, katanya.

Trem di Kota Surabaya kelak melewati 29 penghentian serta dapat mengangkat 4.500 penumpang /jam. Project ini direncanakan memerlukan ongkos sejumlah Rp 4,5 triliun. Tetapi pemerintah cuma dapat mengongkosi Rp 1-1,5 triliun, yang disebut kombinasi di antara pemerintah pusat serta Pemkot Surabaya.

Menhub pastikan semua pembiayaan pembangunan trem Surabaya sudah disetujui lewat pola kerja sama pendayagunaan tubuh usaha (KPBU), yang menyertakan pemerintah pusat, pemda, serta swasta, terhitung PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).

ANTARA

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar